Apa itu Kain Kaos Bahan Cotton Combed?

Apa itu Kain Kaos Bahan Cotton Combed?

Cotton Combed atau biasa kita sebut Katun Combed adalah salah satu jenis bahan kain konveksi bandung yang digunakan dalam proses produksi kaos. Katun Combed mempunyai karakteristik bahan yang relatif halus, dingin, nyaman dipakai, dan menyerap keringat, sehingga sangat cocok dipakai di wilayah tropis seperti di Indonesia. Tekstur Cotton Combed jauh lebih lembut sebab serat-serat kapas yang pendek telah terbuang oleh proses penyisiran, sehingga tidak muncul keluar dan membuat gatal. Selain itu segala kotoran pada serat juga terbuang melalui proses tersebut.

Cotton Combed juga lebih kuat, sebab serat-serat kapas yang pendek dan mudah patah itu sudah disisihkan, sehingga menyisakan serat-serat yang kuat dan panjang, yang semakin rapat setelah disisir, membuatnya tidak mudah terurai. Namun karena proses ini menambah satu tahapan dari pembuatan katun biasa, biaya produksinya tentu menjadi lebih mahal. Banyak perusahaan memilih untuk menggunakan Cotton Combed untuk pakaian atau sprei karena kelembutan dan kekuatannya. Katun yang tidak melalui proses penyisiran cenderung lebih kasar, lebih mudah berjumbai, rusak, atau robek.

Cotton Combed paling cocok digunakan untuk pakaian anak-anak dan orang tua, karena lembut ketika dikenakan. Ini dikarenakan serat benang pada Katun Combed sangat halus. Serat benang yang halus ini dihasilkan dari jenis benang dan jenis rajutan yang lebih halus dan rata dibandingkan dengan jenis kain yang lain. Jenis rajutan yang dipakai pada Katun Combed adalah Single Knitt. Single Knitt adalah jenis rajutan untuk penggunaan bahan kaos hanya pada satu permukaan saja, artinya kaos konveksi murah tidak bisa digunakan dibolak-balik (2 permukaan). Sebagian besar produk kaos yang ada di pasaran memakai jenis rajutan Single Knitt karena jenis rajutan yang dihasilkan rapat, bahan padat, dan tidak mudah lentur/kurang lentur (stratching).

Sementara itu jenis benang pada Katun Combed sendiri ada 4 macamnya dibedakan berdasarkan setting gramasi atau ketebalan (gr/m2) di mesin rajutnya. Antara lain yaitu yaitu 20, 24, 30, 40. Untuk mengetahui perbedaannya baca disini. Karena mengutamakan kualitas terbaik kaos galau.produksibajukaos.com menggunakan bahan katun combed jenis rajutan 20s sehingga sangat nyaman jika dipakai. Itulah mengapa pada katun combed kita mengenal istilah 20s, 24s, 30s serta 30s. Penulisan huruf “s” pada semua tipe benang Katun Combed ini adalah singkatan dari jenis rajutan jarum yang dipakai yakni single knitt.

Categorized: Artikel , bahan kaos , baju kaos , baju kaos kerah , baju kaos oblong , baju seragam , bikin baju seragam , bikin kaos , bikin kaos kerah , bikin kaos oblong , bisnis online , bordir kaos , desain kaos kerah , desain kaos polo shirt , e-commerce , gramasi kain , harga kaos , harga kaos , harga kaos kerah , harga kaos partai , harga kaos polos
Tagged: , , ,

This Post Has 1 Comment

Leave A Reply